10 Manfaat Buah Citrus Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar buah jeruk? Jeruk sebenarnya adalah nama terakhir dari buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, jeruk dan jeruk lainnya. Buah jeruk adalah sumber antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik. Termasuk vitamin C, serat, asam folat, dan kalium.

Manfaat Buah Citrus

Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi jeruk melindungi kita dari penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan dapat mendukung kesehatan otak dan mengurangi risiko batu ginjal, “kata jurubicara Akademi Nutrisi dan Dietetika Vandana Sheth RD, seperti dilansir Prevention, Kamis (4/4).

Berikut 10 manfaat buah jeruk untuk kesehatan.

Ini meningkatkan kesehatan otak

Dipercayai bahwa beberapa buah jeruk atau buah jeruk membantu meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid dalam buah jeruk kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer. Faktanya, sebuah penelitian pada 2017 oleh British Journal of Nutrition mensurvei lebih dari 13.000 orang Jepang yang lebih tua dan menemukan bahwa mereka yang makan satu porsi jeruk setiap hari memiliki risiko 23 persen lebih rendah untuk menderita demensia.

Mengurangi risiko batu ginjal

Konsentrasi mineral yang lebih tinggi dari normal dalam urin dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal atau kristal mineral yang sangat menyakitkan. Salah satu jenis batu ginjal disebabkan oleh kadar urin yang rendah. Sebuah studi Urologi 2014 menemukan bahwa batu ginjal memiliki risiko lebih tinggi pada orang yang makan lebih sedikit buah jeruk.

Menurunkan berat badan

Dengan 4 gram serat per buah, jeruk, limau dan lemon membantu menstabilkan gula darah sehingga mengisi lebih lama. Karena itu, makan jeruk utuh mengurangi berat badan.

Lindungi hati

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada tahun 2006 oleh Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan menemukan bahwa orang yang menjalani operasi bypass koroner memiliki kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol yang lebih rendah setelah hanya satu bulan mengonsumsi berbagai buah jeruk per hari. .

Cegah kanker pencernaan

Sebuah artikel ulasan 2017 di Frontiers in Pharmacology menganalisis 22 studi tentang jenis jeruk. Hasilnya adalah membantu melawan kanker di saluran pencernaan, termasuk kanker mulut, kerongkongan, lambung dan usus besar.

Serap zat besi

Tingginya kadar vitamin C dalam jeruk (68 mg), jeruk bali (77 mg), lemon (18 mg) atau jeruk nipis (13 mg) membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

Tetap terhidrasi

Jeruk mengandung sekitar 90 persen air. Air bukan satu-satunya cara agar tetap terhidrasi, bisa dengan makan buah.

Sistem kekebalan tubuh

Diketahui bahwa jeruk kaya akan vitamin C, antioksidan yang mengurangi kerusakan radikal bebas terhadap DNA. Vitamin C mengurangi durasi dan tingkat keparahan flu.

Melawan keriput

Menyebarkan serum vitamin C adalah rahasia ahli kecantikan untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit. Asupan vitamin C juga bisa mencerahkan kulit. Sebuah studi 2007 dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang tidak tua sebenarnya makan lebih banyak vitamin C.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>